(PENERANGAN) PKKR 11 TKRO

 Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan

P1



    Sistem kelistrikan dlam kendaraan sangat penting. Jaman dahulu mungkin peran kelistrikan dalam mobil hanya sebatas lampu dan pengapian busi. Namun makin kesini, perkembangan komponen kelistrikan mobil lebih dari sebatas lampu dan pengapian busi, hampir seluruhnya dikendalikan oleh sistem kelistrikan. Mulai dari sistem mesin, chasis,sampai sistem kelistrikan dasar itu sendiri makin kesini makin kompleks komponennya, makin banyak dan semakin harus kita pelajari. apalagi telah beredarnya mobil dengan sistem Hybrid dan Full Electric 

    Sistem elektronik yang dipelajari dalam PKKR kelas 11 adalah sistem basic yang meliputi sistem penerangan ( lampu dan kelengkapanya ), sistem tanda belok ( sein ), Sistem pengapian, stater, dan aksesoris. sebelum masuk materi tersebut kita lihat dan berkenalan dahulu dengan simbol - simbol yang ada pada sistem kelistrikan kendaraan, karena tuntutan mekanik yang belum banyak di miliki adalah membaca gambar diagram kabel ( wiring diagram ) dimana di dalamnya ada data - data komponen elektronik dari sebuah mobil dan jalur kabelnya. Yang tujuannya untuk cepat mengetahui letak kerusakan pada komponen/ atau untuk merakit ulang jalur kelistrikanya.





    dibawah ini untuk simbol - simbol sambungan atau conector 





P2
SISTEM PENERANGAN

    Sistem penerangan termasuk sistem yang begitu pokok atau penting disaat berkendara pada malam hari atau cuaca yang tidak mendukung dan dibutuhkan sistem ini. Dibawah ini adalah komponen - komponen yang terdap;at pada sistem peneragan






        Bola Lampu
    
    Bola lampu pada kendaraan yang ada disekitar kita berdasarkan jenisnya dibagi menjadi lampu biasa, halogen dan LED. 

        Lampu Biasa

        Didalam bola lampu terdapat kawat yang disebut filamen,Jika dialiri arus listrik maka filamen akan bercahaya, agar filamen tidak terbakar maka udara dalam bola lampu harus dikosongkan /hampa udara. Jika filamen terlalu panas / arus kelebihan tegangan listrik maka bisa menyebabkan bola lampu menjadi menghitam. Dilampu biasa ini terdapat beberapa jenis yaitu lampu dengan 1 filamen dan 2 filamen . lampu dengan 1 filamen biasanya terdapat pada lampu kota , tanda belok,dll yang hanya membutuhkan 1 jenis penggunaan. Lampu dengan 2 filamen biasanya dipergunakan untuk 2 keperluan contoh di lampu rem dan lampu belakang, dan lampu utama depan untuk lampu jauh dan pendek .
lampu 1 filamen untuk lampu tanda belok

lampu 2 filamen untuk lampu belakang + rem ( berbeda watt )

 
lampu 2 filamen untuk lampu kepala depan 


       Halogen

        


            Lampu Halogen biasanya dipasang pada lampu utama dikendaraan. keunggulan dari lampu halogen adalah cahaya yang dihasilkan lebih terang. Pada dasarnya lampu ini secara prinsip sama dengan lampu biasa namun didalam bola lampu ditambahkan gas halogen untuk menjaga bola lampu tidak cepat gosong. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan lampu halogen adalah dilarangnya memegang lampu pada bagian kaca, karena akan menimbulkan kerusakan pada lampu. biasanya lampu halogen ditandai dengan bentuk yang lancip pada ujungnya .

    Lampu LED




    LED berasal dari singkatan Light Emitting Diode. Yaitu sebuah diode yang bisa menghasilkan cahaya. kita tahu diode adalah komponen elektronik yang mempunyai sifat menyearahkan arus, dengan artian diode tidak dapat bekerja jika arus yang pasangkan terbalik sama halnya dengan lampu LED yang tidak akan bekerja jika arus yang dipasangkan terbalik antara kutup positif dan negatifnya.  Keunggulan lampu LED dibanding lampu jenis lainya adalah lebih hemat energi, cahaya yang dihasilkan lebih terang, panas yang dihasilkan lebih sedikit dari lampu pijar. maka dari itu makin kesini kendaraan baru sudah mulai menerapkan teknologi LED. LED juga makin beragam bentuk dan besarnya. digunakan untuk alat elektronik, peralatan rumah tangga, sampai industri otomotif. 

mobil dengan perlengkapan lampu LED


P3

    LAMPU UTAMA/ LAMPU KEPALA

    Lampu kepala adalah lampu utama pada kendaraan yang berfungsi untuk menerangi jalan didepan agar pengemudi tahu kondisi jalan yang akan dilalui pada malam hari. Kelengkapan standar lampu kepala adalah lampu utama dengan 2 posisi ( jarak pendek dan jauh ) dilengkapi dengan Reflecktor sebagai pengatur arah cahaya, lampu senja untuk sore hari dan lampu belakang untuk tanda kendaraan yang berada dibelakangnya beserta lampu tanda rem. 
    Kelengkapan lampu utama pada setiap model kendaraan bisa berbeda jumlahnya.
        
        
dengan 4 lampu kepala

2 lampu kepala 



lampu belakang terpisah

lamp belakang kombinasi

         Reflector
    
        Reflector merupakan cermin yang berbentuk cekung untuk memusatkan sinar dari bola lampu. Dibagian depan reflector terdapat kaca bisa yang berguna untuk menyebar titik sinar ke jalan. Standart arah sinar yang baik adalah pengemudi dapat melihat jalan kedepan dan pengemudi dari lawan tidak terganggu
    
arah sinar lampu dekat


arah sinar lampu jauh

    Rangkaian
    

            Rangkaian kelistrikan dalam kendaraan sebetulnya sangat mudah dipelajari, secara prinsip rangkaian akan bekerja jika ada Sumber Tegangan/Sumber Listrik (Batere/dsb) dan beban (lampu,motor,dsb). dengan perangkat tambahan berupa sekring ( pengaman) dan saklar ( penghubung dan pemutus arus ). Dalam kelistrikan kendaraan kebanyakan meunggunakan arus searah / DC. dimana sumber tegangan menggunakan Batere / accu. 

    
saklar kombinasi untuk sepeda motor

saklar kombinasi untuk mobil

sekring

batere


Rangkaian sederhana dari lampu





Rangkaian sederhana dengan menggunakan pengaman sekring(fuse)

Fuse ( sekring )

    Fuse atau biasa kita sebut sekirng adalah komponen pengaman pada kelistrikan kendaraan. Komponen ini berfungsi untuk mencegah kebakaran pada saat terjadi arus pendek/ konsleting pada kelistrikan kendaraan dengan cara memutus arus listrik. Didalam fuse terdapat kawat yang dapat terputus secara otomatis pada saat terjadi konsleting. Jadi jika kendaraan kalian terjadi putus sekring berulang kali, bisa dipastikan terjadi konsleting dan harus dilakukan pengecekan pada jalur kabel. Pastikan mengganti Fuse sesuai dengan standar yang dianjurkan bisa berpatokan Amphere atau warna fuse
Sekering model tabung 




Perbedaan antara sekring masih bagus dan sudah rusak


P4

   Relay

    
      
  Relay merupakan sebuah alat yang sering dipakai di sistem kelistrikan kendaraan, Alat ini merupakan sebuah switch magnetik untuk fungsi keamanan pada saklar dan meminimalisir rugi tegangan pada sistem kelistrikan. biasanya alat ini dipasang pada rangkaian lampu dan klakson atau rangkaian yang memerlukan arus besar untuk bisa beroprasi. Karena dengan relay jalur diperpendek maka tegangan yang melewati rangkaian tidak akan berkurang banyak yang menyebabkan nyala lampu menjadi terang dan suara klakson menjadi maksimal


terminal pada relay


aplikasi relay pada rangkaian lampu


Diagram Rangkaian Lampu Kepala
    

    Perhatikan rangkaian diatas. Gambar diatas merupakan gambar rangkaian lampu kepala lengkap dengan relay. Komponen yang digunakan dalam sistem lampu utama adalah:
1. Batere/ Accu
2. Fuse/ sekring
3. Kunci Kontak
4. Saklar Kombinasi untuk lampu jauh/ dekat
5. Relay
6. Lampu kepala 2 filamen untuk lampu jauh/dekat



Jika sudah mempelajari materi diatas silahkan langsung mengerjakan tugas pada Link dibawah ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar