(KATUP) PMSM 11 TBSM

 MEKANISME KATUP

    Mekanisme katup (valve mechanism) merupakan bagian penting dari mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) 4 langkah (4 stroke) yang berfungsi untuk mengatur terjadinya proses hisap, proses kompresi, proses usaha, proses buang) pada siklus di dalam mesin agar menghasilkan tenaga sesuai dengan berbagai tingkat percepatan. Mekanisme katup pada intinya digunakan untuk mengatur pembukaan dan penutupan saluran, baik itu saluran masuk (intake manifold) maupun saluran buang (exhaust manifold) sehingga proses yang terjadi pada ruang bakar (combustion chamber) dapat bekerja secara sistematis dan teratur. 




Diatas adalah gambar mekanisme katup yang sering kita lihat pada sepeda motor. selanjutnya kita bahas tentang tipe - tipe mekanisme katup yang terdapat pada sepeda motor

1. Tipe OHV ( Over Head Valve)
    
    Tipe ini termasuk paling jarang terdapat pada sepeda motor, kebanyakan tipe ini terdapat pada kendaraan roda 4, karena tipe OHV dianggap paling tidak efisien karena banyaknya mekanisme yang bekerja dan sepeda motor mempunyai power tidak sebesar mobil. Tipe OHV dapat di kenali dengan cara melihat posisi poros cam, Poros cam pada tipe OHV berada jauh dari katup, biasanya mendekati dengan posisi cranksaft dan gerakanya di teruskan ke katup menggunakan pushrod. Jadi di kepala silinder tidak terdapat camsaft, hanya terdapat katup dan rocker arm saja. 

Tipe OHV jika disepeda motor Honda bisa dilihat pada Honda CG dan Honda Benly


2. Tipe SOHC ( Single Overhead Cam)

    Tipe ini sangat banyak ditemui pada sepeda motor di Indonesia, Mulai tipe cub(bebek) maupun tipe sport juga ada yang menggunakan tipe ini. SOHC dapat dikenali dengan terdapat 1 camsaft di dalam kepala silinder yang berdekatan dengan katup. Pada SOHC hanya ada 1 poros cam pada kepala silinder yang melayani katup hisap dan katup buang. Mekanisme putaran dari poros engkol ke poros cam menggunakan rantai (timing chain) ataupun menggunakan sabuk karet ( timing belt )


Tipe SOHC sangat banyak ditemui di sepeda motor Honda, mulai dari tipe sport( Honda CB, GL, Tiger, Megapro,dll) tipe cub ( C70, Grand, Supra, dll) dan matik ( beat, vario, dll) 

3. DOHC ( Double Overhead Cam)

    Tipe DOHC mulai banyak ditemui disekitar kita, ciri - ciri tipe ini adalah terdapat 2 poros cam yang berada pada kepala silinder yang secara otomatis ukuran kepala silinder lebih besar dari pada tipe lainya, ciri - ciri lainya yaitu posisi busi berada tepat ditengah pada posisi katup. Tipe DOHC banyak ditemui pada sepeda motor dengan kebutuhan power dan torsi  besar karena pada umumnya tipe ini terdapat 4 katup yang bekerja ( 2 hisap 2 buang )



Tipe DOHC terdapat pada sepeda motor Honda CB150R, CBR150, Supra GTR, dll


PERAWATAN PADA MEKANISME KATUP


    Mekanisme katup pada sepeda motor perlu dilakukan pengecekan pada waktu tertentu, agar peforma mesin sepeda motor tetap berada di titik maksimal, 
    Masalah yang sering timbul pada mekanisme katup :

1. Tenaga yang dihasilkan mesin menurun

        Tenaga/ power mesin didapat dari langkah usaha sebagai efek dari ledakan pembakaran, jika katup terjadi masalah, maka akan mempengaruhi besarnya tekanan kompresi dan otomatis mempengaruhi tenaga yang dihasilkan 

2. Suara mesin kasar, timbul suara ketukan mengikuti RPM
        
        Suara ketukan ini disebabkan oleh celah katup yang terlalu longgar, celah antara rocker arm dan batang katup yang terlalu besar bisa menimbulkan suara abnormal pada mesin dan dapat menimbulkan kerusakan pada batang katup dan rocker arm

3. Timbul asap putih pada saat awal mesin dihidupkan

    Masalah ini biasanya timbul karena seal katup sudah aus atau longgar, pada saat awal dihidupkan/mesin dingin terjadi kelonggaran pada seal dan batang katup dan mengakibatkan oli masuk ke ruang bakar


4. Tekanan kompresi pada mesin turun
    
    Tekanan kompresi dapat diukur dengan menggunakan alat Compresion Test Gauge, tekanan kompresi yang dibawah stadart akan mengakibatkan tenaga motor menurun. Hal ini sering diakibatkan oleh celah katup yang rapat, yang otomatis katup tidak menutup secara sempurna dan terjadi kebocoran kompresi
     
    

Simak video dibawah ini untuk langkah penyetelan katup honda beat


 

jika sudah dibaca semua langsung kerjakan tugas dibawah ini

KLIK langsung di  PORTAL TUGAS

14 komentar:

  1. Fungsi mekanisme katup dan jenis nya

    BalasHapus
  2. Di montor scoopy apa ada singgle overhead cam?

    BalasHapus
  3. Ciri ciri tipe OHV yang bagai mana?

    BalasHapus
  4. Chefiro fernando w/XI TBSM7 September 2020 pukul 11.36

    Ciri ciri tipe OHV yang bagai mana?

    BalasHapus
  5. Muhamad Nur Khamid (XI-Tbsm)
    Apa Keuntungan dan Kerugian OHV?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keuntungan ohv, mekanisme sederhana, lebih lowcost

      Kerugian ohv, efisiensi rendah , suara lebih kasar

      Hapus
  6. Nama:M.Amin Wafa tbsm
    Apa keunggulan tipe SOHC di bandingkan yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sohc, pengecekan mekanisme katup lebih mudah karena posisi semua bagian sistem berada di 1 tempat yaitu kepala silinder,

      Hapus
  7. NAMA :Devansa Muhammad Aldrian
    KELAS :XI TBSM
    NO ABS:11

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    DALAM PEMBELAJARAN KALI INI KEMUNGKINAN MATERI SAJA TIDAK CUKUP UNTUK PEMAHAMAN MURID .. DIPERLUKAN PRAKTIK DAN BIMBINGAN LANGSUNG

    BalasHapus
  8. Nama,okky khausar achmad
    apa keungulan mesin DOHC

    BalasHapus
  9. apakah mesin dohc lebih boros darpada sohc

    BalasHapus