PCKR 11 TKRO

MATERI 1

Pada Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan, kalian akan belajar tentang bagian - bagian sistem pada kendaraan ringan yang menempel pada chasis/rangka kendaraan ringan. Sistem - sistem pendukung yang akan meneruskan putaran dari mesin kepada roda serta sistem pelengkapnya. Sistem - sistem tersebut diantarannya :


1. Sistem Kopling
2. Transmisi
3. Poros Propeller
4. Differensial
5. Poros roda


untuk mengetahui jenis - jenis/ model pemindah tenaga pada kendaraan  silahkan memperhatikan gambar dibawah ini


1. FR (Front engine Rear wheel drive) / mesin depan dan penggerak roda belakang

    Di Indonesia, Jenis penggerak ini sangat banyak ditemui, model penggerak FR biasanya terdapat pada mobil niaga/minibus. 



2. FF ( Front Engine Front wheel drive ) mesin depan penggerak roda depan
    
    Penggerak jenis FF seperti ini, juga mulai banyak terdapat di Indonesia, penggerak FF banyak terdapat pada mobil sedan, terkadang juga minibus atau jenis hatchback




3. RR( Rear Engine Rear wheel drive) mesin belakang penggerak roda belakang

    Jenis pemindah tenaga model ini untuk mobil kecil , termasuk jarang ada di Indonesia, karena hanya merk tertentu yang masih memakai model ini, itupun terkadang sudah keluaran tahun lama, ciri - ciri model ini adalah posisi mesin berada dibelakang roda belakang .




 4. 4WD ( four wheel drive) penggerak 4 roda

    Jenis penggerak 4 roda, biasanya terdapat pada kendaraan Heavy Duty atau kendaraan yang bekerja sangat berat, seperti didaerah pertambangan atau keperluan militer. Kendaraan dengan menggunakan 4WD dapat dilihat dari terdapat 2 buah diferensial pada 2 buah sumbu roda. maka pada saat berada pada medan berat, ke empat roda dapat bergerak meneruskan putaran  mesin. Ciri - ciri lainya adalah terdapat lebih dari 1 handle / stang transmisi pada mobil dengan sistim 4x4 manual 





5. Midle Engine ( posisi mesin ditengah )

    Jenis Mid Engine seperti ini bisa dilihat dengan ciri - ciri posisi mesin berada diantara roda belakang dan depan, ada yang lebih mendekati roda depan dan mendekati roda belakang. Kebanyakan jenis Mid Engine adalah berpenggerak roda belakang .








Untuk lebih jelasnya silahkan simak video dibawah ini



jika sudah melihat video diatas silahkan mengerjakan tugas dibawah ini

klik => PORTAL TUGAS


5 komentar:

  1. Nama:yusa fahrulah
    Kelas:XI TKRO 2
    -Apa yang akan mungkin terjadi apabila dalam sistem didrolik kopling ada udara yang masuk?
    -Apa saja bagian-bagian pada unit kopling yang memerlukan pemliharaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, untuk bab kopling nanti kita bahas pada materi lebih lanjut

      Hapus
  2. Nama:Valen A'al Adytian
    Kelas XI TKRO 2
    -apa itu 4WD (four wheel Drive) penggerak 4 roda?
    -jenis Mid engine adalah?

    BalasHapus
  3. Nama:riski dwi saputra
    Kls:XItkro2
    -apa itu ff (front engine front wheel drive) mesin depan pengerak roda depan?

    BalasHapus